www.inidesain.com - Bagi Graphic Designer Pentingnya Menjaga Kaidah Desain Grafis yang berkaitan dengan karya desain dan estetika sangat diperlukan. Apalagi desain-desain yang diciptakannya adalah desain yang sifatnya resmi, seperti desain grafis untuk kepemerintahan dan kenegaraan. Bagi desainer grafis yang mengemban tugas ngara yakni dipercaya oleh seseorang atau instansi untuk menciptakan suatu karya merupakan hal yang sangat membanggakan, apalagi karya yang dibuat itu selaras dengan penjiwaan seni dari karakter si-desainer. Misalnya seorang desainer grafis yang memiliki hobby sepak bola, tentu ia akan maksimal mencurahkan ide desainnya membuat desain tentang dunia sepak bola sebagus-bagusnya. Sehubungan pendapat ini kita semua pasti setuju dengan pendapat tersebut. Akan tetapi jika diberikan satu pendapat lagi, misalnya "seorang desainer grafis harus atau pasti memiliki jiwa Nasionalisme". Maka jawabannya pasti akan berbeda-beda, ada yang setuju dan ada yang tidak setuju.
Google Search Image 'Garuda'

Karya-karya desainer grafis yang beredar di Internet sampai sekarang ini dirasa sangat amat membantu di kalangan desainer khususnya dunia desain grafis. Contohnya banyak gambar logo Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) Burung Garuda yang dapat ditemukan di Internet, terdapat dalam berbagai ukuran, kualitas, ketajaman garis gambar dan warna yang sangat bervariasi. Ada lambang Burung Garuda Pancasila berwarna Kuning solid, oranye, coklat bahkan ada yang berwarna ngeblok merah solid. Tanpa membeda-bedakan karya yang ada, Semua simbol-simbol negara Indonesia Garuda Pancasila yang ada di Internet seperti yang dijelaskan pasti memiliki maksud yang sama, yaitu "Menciptakan lambang negara Indonesia".
Perancang Lambang Negara Indonesia Garuda Pancasila

Membahas tentang lambang negara Indonesia kiranya tidak lengkap bila tidak mencantumkan nama Maestro sang Perancang Lambang Negara Indonesia, Garuda Pancasila, yaitu Syarif Abdul Hamid Alkadrie yang bergelar Sultan Hamid II, yang merupakan putra sulung Sultan Pontianak Sultan Syarif Muhammad Alkadrie. Keunikan lambang ini bagi sebagian orang masyarakat Indonesia menganggap lambang negara Garuda Pancasila adalah suatu yang sakral secara sejarah, mengingat dari awal penciptaan yang disayembarakan sampai dengan penyempurnaan desain resmi yang dapat kita lihat hingga kini dilakukan dengan proses waktu yang tidak sebentar. Karena kesakralannya sang desainer grafis jaman sekarang ini masih banyak yang menjunjung tinggi penggunaan identitas negara dan pemerintah pada karya desain yang dibuatnya dalam hal kaidah dan estetika desain.
Lambang Negara Indonesia Garuda Pancasila

Adanya peraturan penggunaan lambang negara yang semakin dipertegas pada Undang-Undang Nomer 24 Tahun 2009 yakni tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan. Tentu dalam hal ini makin menambah sensitif lagi bagi desainer grafis menggunakan dan menciptakan redesign logo Garuda Pancasila. Setidaknya bagi seorang desainer dalam menggunakan file materi logo Garuda Pancasila atau membuat Trace logo negara ini tetap mengedepankan pakem Lambang Negara atau membuat standard pengerjaan desain yang sesuai dengan kaidah dan estetika yang baik. Misalnya dalam hal pengerjaan desain layout menempatkan lambang negara Indonesia pada posisi yang layak, proporsional, serta tidak merubah bentuk dan warna lambang negara yang sangat kita semua banggakan.


Post by: Ini Desain
Author © www.inidesain.com
Share To:

Ini Desain

Hampir semua desain dan vector INIDESAIN adalah milik kami dan murni dibuat ataupun redesign. Kami berbagi secara gratis untuk memudahkan anda dalam berkarya. Oleh karena itu tinggalkanlah komentar pada Form Post a Comment di bawah ini. Semoga komentar anda bermanfaat bagi perkembangan website ini.

Post A Comment:

0 comments so far,add yours